Pencanangan Pembangunan Zona Integritas

 

Pengadilan Agama Jombang

Melaksanakan Penandatanganan Piagam

Pencanangan Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM

 

Dalam rangka turut serta mendukung Peraturan Peraturan Presiden Nomor 10 Tahun 2012 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi Pemerintah pada hari Jum’at tanggal 8 Februari 2019, Pengadilan Agama Jombang melakukan penandatanganan piagam pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) dengan dihadiri 6 (enam) pejabat perwakilan lembaga terkait sebagai saksi yaitu Hj. Mundjidah Wahab Bupati Jombang, Drs. H. Abdul Haris, M.Pdi, Kepala  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jombang, Syafiruddin, S.H., M.H. Kepala Kejaksaan Negeri Jombang, Hj. Hera Kartiningsih, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Jombang, Ir. Firda, Kepala BPS Jombang, dan  Kompol Agapes Sumarmi Kabag. Sumda mewakili Kepala Kepolisian Resor Jombang.

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas ini merupakan langkah awal untuk melaksanakan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Nomor 52 Tahun 2014, yaitu Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

Disamping Pencanangan pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM) juga dilakukan  penandatanganan kerjasama antara Pengadilan Agama Jombang dengan Bank Tabungan Negara Cabang Mojokerto, Kantor Pos Jombang (sebagai langkah terobosan yang sebelumnya masyarakat pencari keadilan harus datang ke Kantor Pos Jombang, sekarang Kantor Pos  membuka gerai dan menempatkan Pegawainya di Kantor Pengadilan Agama Jombang untuk melayani kepentingan masyarakat pencari keadilan, antara lain keperluan benda-benda pos/materai, menasigelen alat-alat bukti dan lain sebagainya, selain itu keberadaan Kantor Pos juga bermafaat bagi Pengadilan Agama Jombang, yang selama ini harus keluar kantor untuk membayar PNBP, kirim surat berkaitan dengan Panggilan/Pemberitahuan delegasi, dan pengiriman dokumen lain sekarang cukup dilakukan di gerai Kantor Pos yang ada di Pengadilan Agama Jombang) dan LBH Mizan untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat pencari keadilan yang ada di wilayah yurisdiksi Pengadilan Agama Jombang.

Acara dikemas secara praktis, yakni Pembukaan oleh Dra. Hj. Dyah Kholidah Nur’ani selaku Pembaca Acara, dilanjutkan dengan Doa yang dipimpin oleh Drs. Choirul Anwar, M.H. Hakim Pengadilan Agama Jombang, kemudian Sambutan Ketua Pengadilan Agama Jombang, Drs. H. Ahmad Husni Tamrin, M.H. selaku tuan rumah yang pada pokoknya Keluarga Besar Pengadilan Agama Jombang sebagai bagian dari Mahkamah Agung Pengdilan Agama Jombang berkomitmen untuk melaksanaan Zona Integritas serta berihtiar untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat pencari keadilan, salah satunya dengan melakukan kerjasama dengan Bank Tabungan Negara, Kantor Pos dan LBH Mizan yang dibingkai dalam satu tempat sebagai penunjang dari Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Sekedar informasi bahwa Pengadilan Agama Jombang Kelas I.B pada tahun 2018 menerima sebanyak 3.340 perkara, dengan dukungan 6 orang hakim. Selebihnya Ketua Pengadilan Agama Jombang berharap dengan sangat dukungan dari semua pihak termasuk Bupati dan Para Pejabat yang tergabung dalam Forkopimda agar pelaksanaan Pembangunan ZI bisa berjalan dengan baik. Berikutnya sambutan Bupati Jombang yang pada pokoknya menyatakan atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang memberikan apresiasi kepada Seluruh Keluarga Besar Pengadilan Agama Jombang yang telah bertekad bulat untuk melaksanakan Pembangunan ZI, sehingga masyarakat yang ada di Wilayah Kabupaten Jombang akan mendapatkan pelayanan yang prima dan lebih cepat. Selanjutnya Deklarasi pencanangan Pembangunan ZI oleh Ketua Pengadilan Agama Jombang yang dilanjutkan dengan penandatanganan Deklarasi piagam Pencanangan Pembangunan ZI yang disaksikan oleh 6 Pejabat terkait yang hadir, yang diakhiri dengan foto bersama.

 

 

Setelah Pencanangan ZI selesai acara dilanjutkan dengan penandatangan kerjasama antara Pengadilan Agama Jombang dengan Bank Tabungan Negara Cabang Mojokerto, Kantor Pos Jombang dan LBH. Mizan, diakhiri dengan foto bersama.

 

Dengan Deklarasi Pencanangan Pembangunan ZI ini diharapkan Pengadilan Agama Jombang terus dapat menampilkan pelayanan prima dan benar-benar masuk wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Drs.H.Chafidz Syafiuddin, S.H, M.H

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: This Website Content is protected by Administrator. You can\'t change the content of this Website !!!