logo

berita Sidang Keliling Tahap I pada TA. 2020

Jadwal Sidang Keling TA. 2020 bertempat di Kantor Kecamatan Ngoro dan Kantor Kecamatan Kudu, masing dilaksanakan pada tanggal 21, 28 Februari dan 06 Maret 2020 pukul 09
berita Sidang Keliling Tahap I pada TA. 2020

berita Pertemuan DYK Cab. Jombang dan Memperingati Hari Ibu ke-91

Jum'at, 10 Januari 2020, Memperingati Hari Ibu yang ke-91 sekaligus pertemuan DYK PA dan PN Jombang, Hakim perempuan dan seluruh karyawati yang ada di Pengadilan Pengadilan
berita Pertemuan DYK Cab. Jombang dan Memperingati Hari Ibu ke-91

berita Pelantikan Tenaga Honorer TA. 2020 di Pengadilan Agama Jombang

Tenaga honorer di lingkungan Pengadilan Agama Jombang dilantik menjadi tenaga honorer TA. 2020. Upacara pengambilan sumpah janji dilakukan di Ruang rapat Pengadilan A
berita Pelantikan Tenaga Honorer TA. 2020 di Pengadilan Agama Jombang

berita Video Profile PTSP Pengadilan Agama Jombang

KLIK untuk Jelajah VIDEO... Pelayanan Publik dalam setiap Instansi atau lembaga Pemerintah di Indonesia terus ditingkatkan dan di permudah. Saat ini Mahkamah Agung dan jajar
berita Video Profile PTSP Pengadilan Agama Jombang

berita Rapat Pembinaan Tenaga Pramubakti Pengadilan Agama Jombang

Pengarahan dan pembinaan Tenaga Pramubakti digelar untuk meningkatkan kemampuan etos kerja yang sebenarnya sudah baik, namun perlu ditingkatkan lagi, pertemuan dilaksanakan dir
berita Rapat Pembinaan Tenaga Pramubakti Pengadilan Agama Jombang

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 1192

DARI MANUAL MENUJU DIGITAL

Apabila buku-buku register yang manual ini terus dipelihara dan dipertahankan tentu memerlukan ruangan yang cukup luas untuk menampung arsi-arsip sampai 10 tahun kedepan. Seperti kebutuhan buku register gugatan dengan volume perkara rata-rata 750 perkara perbulan, maka tiap bulan membutuhkan sampai 3 buku, berarti pertahun bisa lebih dari 36 buku register gugatan, begitu pula dengan buku register induk keuangan perkara, buku register permohonan, buku jurnal dan lain-lain.

 

 

 Belum lagi arsip berkas perkara yang rata-rata 8000 perkara pertahun, dalam satu rak terdapat enam tingkat, diperkirakan dalam satu tahun 6 bulan sudah penuh. Lambat laun semua ruangan di Pengadilan Agama Surabaya penuh dengan arsip manual.

 

 Oleh karena itu Ketua Pengadilan Agama Surabaya Dr. H. Suhadak S.H., M.H. mengambil langkah untuk merubah suasana yang serba manual mengarah kepada arsip digital. Pandangan tersebut dilontarkan pada sisi diskusi penataan arsip bersama jajaran pimpinan Pengadilan Agama Surabaya dan rekan-rekan tim IT yang dipercayakan kepada Koes Atmajahutama, S.H.I, S.H.,M.H. sebagai leader project, Dr. Bayu Endragupta, S.Kom. M.H, Muhammad Ali Said, S.H.I. , M.H.dan Hakim El Faruq, S.H sebagai anggota, pada tanggal 02 januari 2018;

  

Sebenarnya langkah pembuatan buku-buku jurnal, buku induk keuangan, buku-buku register telah dimulai, begitu pula dengan arsip digital untuk Pengadilan Agama Surabaya telah berjalan beberapa bulan yang lalu. Namun paying hokum pembuatan arsip digital masih belum ada kecuali buku induk keuangan. Padahal langkah yang ditempuh dari yang serba manual menuju ke digital terdapat beberapa keuntungan, yang antara lain :

  1. Akurasi data digital bisa lebih valid bahkan bisa lebih bagus.
  2. Mengurangi beban kerja dan bisa memaksimalkan SDM Pengadilan Agama Surabaya.
  3. Mempercepat kerja dari perkara masuk sampai dengan minutasi.
  4. Dapat disimpan dengan aman dan tidak membutuhkan ruangan yang luas.

Dr. H. Suahadak S.H., M.H. berharap agar Bapak DIRJEN BADILAG MA-RI memberikan rekomendasi dan payung hukum untuk terlaksananya arsip dan buku-buku yang terkait dengan perkara dilakukan secara digital.

Mengingat ruangan kantor semakin hari semakin penuh, maka langkah-langkah penanganan segera perlu mendapatkan perhatian dari atasan, agar dua sisi terus dikerjakan manual jalan dan digital jalan.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Jombang Klas IB

Jalan Prof. DR. Nurcholish Madjid
Denanyar, Jombang,
Jawa Timur

(0321) 851337

(0321) 861337

admin@pa-jombang.go.id