logo

berita Hari Santri Nasional

Semarak Hari Santri Nasional (HSN) 2020 Kabupaten Jombang telah dibuka dengan apel bersama sekaligus memperingati hari jadi Jawa Timur dan Hari Jadi Pemkab Jombang. Apel
berita Hari Santri Nasional

berita Kunjungan Kerja Reses Komisi III - DPR RI secara virtual

Jombang, 15 Oktober 2020 Kamis, 15 Oktober 2020. Virtual Zoom Meeting Kunjungan Kerja Reses Komisi III - DPR RI ke Pengadilan Tinggi Surabaya. Masa Persidangan I Tahun 20
berita Kunjungan Kerja Reses Komisi III - DPR RI secara virtual

berita Pembinaan Teknis secara virtual oleh Mahkamah Agung RI.

PEMBINAAN TEKNIS SECARA VIRTUAL OLEH MAHKAMAH AGUNG RI. SECARA VIRTUAL Jombang, 12 Oktober 2020 Senin, 12 Oktober 2020. Dalam Rangka Pembinaan Bidang Teknis dan Admi
berita Pembinaan Teknis secara virtual oleh Mahkamah Agung RI.

berita Pisah Sambut di PA. Jombang

Jombang, 28 Agustus 2020 Pengadilan Agama Jombang mengadakan Acara Pisah Sambut Pimpinan, Hakim dan Pramubhakti di Pengadilan Agama Jombang. Acara dilaksanakan di Aula RM. Padan
berita Pisah Sambut di PA. Jombang

berita Pelantikan Secara Fisik Sekaligus Virtual di PA. Jombang

Jombang - Senin, 24 Agustus 2020 Dalam suasana penuh khidmat bertempat di Ruang Pertemuan Pengadilan Agama Jombang, Ketua PA Jombang Drs. Abdul Rosyid, M.H. 
berita Pelantikan Secara Fisik Sekaligus Virtual di PA. Jombang

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Lembar Kerja Evaluasi

Lembar Kerja Evaluasi (LKE)

Gugatan Mandiri

Membuat Gugatan/Permohonan Mandiri

PANDUAN MENGGUNAKAN GUGATAN MANDIRI

PANDUAN MENGGUNAKAN GUGATAN MANDIRI

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 574

PEDOMAN PENGADUAN

PENGADUAN DUGAAN PELANGGARAN YANG DILAKUKAN OLEH HAKIM DAN PEGAWAI

a. Sumber pengaduan:
  (1) Dari masyarakat:
  - Para pencari keadilan;
- Pengacara;
- Lembaga bantuan hukum;
- Lembaga swadaya masyarakat;
- Dewan perwakilan rakyat;
- Sekretariat kepresidenan dan wakil presiden;
- Kantor menteri pendayagunaan aparatur negara;
- Komisi pemberantasan korupsi;
- Komisi hukum nasional;
- Komisi ombudsman nasional;
- Komisi yudisial;
- Dan lain-lain.
(2) Pengaduan dari internal lembaga pengadilan.Pengaduan ini ditujukan terhadap aparat lembaga peradilan, yang diajukan oleh warga lembaga peradilan sendiri (termasuk keluarganya)
(3) Laporan kedinasan.
  Laporan kedinasan ini merupakan laporan resmi dari pimpinan lembaga peradilan mengenai aparat pengadilan yang dipimpinnya.
  Informasi dari:
- Instansi lain;
- Media massa;
- Isu yang berkembang.
 
b. Pengaduan ditujukan kepada lembaga peradilan;
c. Proses penanganan pengaduan:
  (1) Pencatatan;
(2) Penelaahan;
(3) Penyaluran;
(4) Pembentukan Tim Pemeriksa;
(5) Survey pendahuluan;
(6) Menyusun rencana pemeriksaan;
(7) Pelaksanaan pemeriksaan.

 

MATERI PENGADUAN

Materi pengaduan meliputi hal-hal sebagai berikut:

1. Pelanggaran terhadap kode etik dan atau pedoman perilaku hakim.
2. Penyalahgunaan wewenang atau jabatan.
3. Pelanggaran sumpah jabatan.
4. Pelanggaran terhadap peraturan PNS atau peraturan disiplin militer.
5. Perbuatan tercela yaitu berupa perbuatan amoral,asusila atau perbuatan-perbuatan yang tidak selayaknya dilakukan oleh seorang aparat lembaga peradilan, maupun selaku anggota masyarakat.
6. Pelanggaran hukum acara, baik yang dilakukan dengan sengaja maupun karena kelalaian dan ketidakpahaman.
7. Mal administrasi, yaitu terjadinya kesalahan, kekeliruan atau kelalaian yang bersifat administratif.
8. Pelayanan publik yang tidak memuaskan yang dapat merugikan pihak-pihak yang berkepentingan serta masyarakat secara umum.

 

TAHAP PEMERIKSAAN ATAS PENGADUAN

Pelaksanaan pemeriksaan dilaksanakan dengan urutan sebagai berikut:

a. Memeriksa pengaduan, meliputi:
  - Indentitas pengadu;
- Relevansi kepentingan pengadu;
- Penjelasan lengkap tentang hal yang diadukannya;
- Bukti-bukti yang dimiliki pengadu.
b. Memeriksa pihak-pihak yang terkait.Pihak lain yang dapat diajukan oleh pengadu untuk menguatkan dalil-dalilnya, maupun atas inisiatif tim memeriksa untuk kepentingan melakukan klarifikasi maupun konfirmasi mengenai pengaduan tersebut.
c. Memeriksa pihak yang diadukan, meliputi:
  - Identitas;
- Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan secara singkat;
- Klarifikasi atas hal yang dilaporkan.
d. Memeriksa pihak lain yang diajukan oleh pihak yang diadukan, yaitu pihak yang dapat menguatkan dalil-dalilnya.
e. Memeriksa surat-surat dan dokumen dengan teliti dan seksama, dibuat foto kopinya dan dilegalisir.
f. Mengkonfrontir antara pengadu dengan pihak yang diadukan, atau pihak lainnya (apabila diperlukan).
g. Melakukan pemeriksaan lapangan (bila diperlukan).

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Jombang Klas IB

Jalan Prof. DR. Nurcholish Madjid
Denanyar, Jombang,
Jawa Timur

(0321) 851337

(0321) 861337

admin@pa-jombang.go.id