logo

berita Streaming Pelepasan Purnabhakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya 29 April 2020

(Kutipan Surat Dirjen BADILAG) Kepada Yth.  1. Ketua Mahkamah Syar'iyah Aceh 2. Ketua Pengadilan Tinggi Agama seluruh Indonesia di tempat Assalamu al
berita Streaming Pelepasan Purnabhakti Ketua Pengadilan Tinggi Agama Surabaya 29 April 2020

berita Pelantikan dan Pengambilan Sumpah CPNS Menjadi PNS di Pengadilan Agama Jombang

                       Bertempat di Ruang Pertemuan Pengadilan Agama Jombang pada hari Rabu, 15 April 2020 pukul 13.3
berita Pelantikan dan Pengambilan Sumpah CPNS Menjadi PNS  di Pengadilan Agama Jombang

berita Lawan Corona PA. Jombang Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Untuk menjaga kondisi lingkungan aman dari paparan Virus Corona (Covid-19), PA. Jombang lakukan penyemprotan cairan disinfektan di area pelayanan peserta dan ruang kerja, K
berita Lawan Corona PA. Jombang Lakukan Penyemprotan Disinfektan

berita BAWAS Sidak ke Pengadilan Agama Jombang atas Penilaian Zona Integritas

Tim BAWAS Mahkamah Agung RI yang dipimpin oleh bapak Sulaeman Abdullah, Mariana Erka Puteri, Betty Kurnianingtyas dan Rizky Setyo Pambudi secara mendadak berkunjung ke Pengadil
berita BAWAS Sidak ke Pengadilan Agama Jombang atas Penilaian Zona Integritas

berita Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua Pengadilan Agama Jombang di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya

Jombang, 02 Maret 2020 Pada hari Senin, bertempat di Ruang Aula Pengadilan Tinggi Agama Surabaya Drs. Amanudin, S.H., M.Hum. dilantik oleh Ketua Pengadilan Ti
berita Pelantikan dan Serah Terima Jabatan Ketua Pengadilan Agama Jombang di Lingkungan Pengadilan Tinggi Agama Surabaya

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

Jadwal Sidang

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

Lembar Kerja Evaluasi

Lembar Kerja Evaluasi (LKE)

Gugatan Mandiri

Membuat Gugatan/Permohonan Mandiri

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 351

Tugas dan Fungsi

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menentukan dalam pasal 24 ayat (2) bahwa Peadilan Agama merupakan salah satu lingkungan peradilan yang berada di abwah Mahkamah agung bersama badan peradilan lainnya di lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Tata Usaha Negara, dan Peradilan Militer, merupakan salah satu badan peradilan pelaku kekuasaan kehakiman untuk menyelenggerakan hukum dan keadilan bagi rakyat pencari keadilan perkara tertentu antara orang-orang yang beragama Islam.

Pengadilan Agama Jombang yang merupakan Pengadilan Tingkat Pertama bertugas dan berwenang memeriksa, memutus, dan meyelesaikan perkara-perkara di tingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam di bidang: perkawinan, waris, wasiat, hibah, wakaf, zakat, infaq, shadaqah, dan ekonomi syariah sebagaimana diatur dalam pasal 49 Undang-undang Nomor 3 Tahun 2006 tentang Perubahan atas UNdang-undang Nomor 7 Tahun 1989 tentang Peradilan Agama.

Di samping tugas pokok dimaksud diatas, Pengadilan Agama Jombang mempunyai fungsi, antara lain sebagai berikut:

1. Fungsi mengadili (judicial power), yakni menerima, memeriksa, mengadili dan menyelesaikan perkara-perkara yang menjadi kewenangan Pengadilan Agama dalam tingkat pertama (vide: Pasal 49 Undang-undang Nomor 3 Tahun 2006).

2. Fungsi pembinaan, yakni memberikan pengarahan, bimbingan, dan petunjuk kepada pejabat struktural dan fungsional di bawah jajarannya, baik menyangkut teknis yudisial, administrasi peradilan, maupun administrasi umum/perlengkapan, keuangan, kepegawaian, dan pembangunan (vide: Pasal 53 ayat (3) Undang-undang No. 3 Tahun 2006 jo. KMA Nomor KMA/080/VIII/2006).

3. Fungsi pengawasan, yakni mengadakan pengawasan melekat atas pelaksanaan tugas dan tingkah laku Hakim, Panitera, Sekretaris, Panitera Pengganti, dan Jurusita/Jurusita Pengganti di bawah jajarannya agar peradilan diselenggarakan dengan seksama dan sewajarnya (vide: Pasal 53 ayat (1) dan (2) Undang-undang No. 3 Tahun 2006) dan terhadap pelaksanaan administrasi umum kesekretariatan serta pembangunan. (vide: KMA Nomor KMA/080/VIII/2006).

4. Fungsi nasehat, yakni memberikan pertimbangan dan nasehat tentang hukum islam kepada instansi pemerintah di daerah hukumnya, apabila diminta (vide: Pasal 52 ayat (1) Undang-undang Nomor 3 Tahun 2006).

5. Fungsi administratif, yakni menyelenggarakan administrasi peradilan (teknis dan persidangan), dan administrasi umum (kepegawaian, keuangan, dan umum/perlengkapan) (vide: KMA Nomor KMA/080/VIII/2006).

6. Fungsi lainnya:

  • Melakukan koordinasi dalam pelaksanaan tugas hisab dan rukyat dengan instansi lain yang terkait, seperti DEPAG, MUI, Ormas Islam dan lain-lain (vide: Pasal 52 A Undang-undang Nomor 3 Tahun 2006).
  • Pelayanan penyuluhan hukum, pelayanan riset/penelitian dan sebagainya serta memberi akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat dalam era keterbukaan dan transparansi informasi peradilan, sepanjang diatur dalam Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor KMA/144/SK/VIII/2007 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Jombang Klas IB

Jalan Prof. DR. Nurcholish Madjid
Denanyar, Jombang,
Jawa Timur

(0321) 851337

(0321) 861337

admin@pa-jombang.go.id