Koordinasi Unit Teknis Kepaniteraan untuk Optimalisasi Penggunaan SIPP dan e Court
Jumat, 23 Agustus 2024
Bertempat di ruang Pertemuan Pengadilan Agama Jombang, diselenggarakan rapat koordinasi unit Kepaniteraan dan Tim IT untuk optimalisasi pemanfaatan SIPP,e-Court serta pelaporan di Kinsatker. Adapun rapat dimulai pukul 13.30, dipimpin oleh Panitera PA Jombang, Bapak Zahri Muttaqin, S.Ag., M.HES. Rapat Koordinasi ini diikuti oleh Panitera Muda, Panitera Pengganti, Staf Kepaniteraan baik ASN maupun PPNPN serta Tim IT Teknis.
Dalam paparannya Panitera PA Jombang menyempaikan beberapa hal untuk upload dokumen di SIPP agar dilakukan dengan disiplin dan tepat waktu, karena saat ini semua sudah dimasukkan sistem penilaian terintegrasi. Evaluasi untuk jurusita/jurusita pengganti selain selalu mengirimkan dokumen di dalam grup whatsapp juga agar segera memberikan relaas yang telah dilaksanakan satu hari sebelum sidang. Panitera Sidang agar menyesuaikan tahapan persidangan sesuai dengan PERMA (penginputan SIPP) sesuai PERMA 7 pasal 99, 101 dan 103. Panitera sidang harus mengisi court calendar pada SIPP serta pengisian catatan persidangan di aplikasi e-court saling berkoordinasi dengan hakim.
Untuk sidang hybrid (bagi tergugat dan termohon) yang tidak memiliki alamat elektronik harus menggunakan surat tercatat dengan duplik tergugat tunda 1 minggu dan penggugat tunda 1-2 hari. Untuk pengisian SIPP e-Court alasan saksi 1 dan 2 dibedakan, serta untuk template e-court untuk pembacaan putusan agar diperbaiki karena masih ada variabel yang tidak terbaca. Untuk pelayanan, agar petugas security dalam melayani memperhatikan attitude dengan baik, dan akan dicarikan juga formula untuk efisiensi waktu petugas sumpah.
Acara rapat koordinasi teknis unit Kepaniteraan berlangsung selama 2 jam, dengan diberikan waktu untuk tanya jawab bagi yang masih belum paham. Panitera PA Jombang berkomitmen untuk melakukan evaluasi dan Diklat Di Tempat Kerja (DDTK) secara intensif sehingga seluruh personil dapat melaksanakan tugas dengan baik dan benar. Semoga melalui rapat koordinasi ini memberikan manfaat kepada seluruh pegawai dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (alf)
Berita Terkait: